IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS IV SD
Keywords:
Problem-Based Learning, IPAAbstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa dan hasil wawancara guru kelas IV SDN Tasikmadu 01, minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) masih kurang. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tasikmadu 01 Malang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur desain Kemmis dan Taggart yang terdiri dari planning (perencanaan), acting (aksi/tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Penelitian ini dilakukan di SDN Tasikmadu 01 dengan melibat 24 orang siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan angket. Sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar tes, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa Kelas IV SDN Tasikmadu 01. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes pada Siklus I, 88% siswa mencapai nilai 75. Untuk melihat konsistensi peningkatan, tindakan dilanjutkan pada Siklus II dengan hasil tes 96% siswa telah mencapai nilai 75. Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa Kelas IV SDN Tasikmadu 01.