PENERAPAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SD AL-FURQON 1

Authors

  • Vanesa Author

Abstract

Kemampuan membaca sangat penting diajarkan untuk siswa SD. Namun, 40% siswa Kelas III SD Al-Furqon 1 Driyorejo Gresik belum memiliki kemampuan membaca yang baik. Pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita anak aspek membaca pemahaman, guru juga masih menggunakan  media teks bacaan sebagai satu-satunya acuan yang digunakan. Adapun solusi yang dapat meningkatkan keterampilan membaca yaitu dengan menggunakan media komik dalam pembelajaran membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui media komik pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SD Al-Furqon 1 Kota Baru Driyorejo Gresik. Desain penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan kuesioner dengan instrumen lembar tes, lembar observasi, dan lembar kuesioner. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus  menggunakan media komik pada pembelajaran bahasa indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa dari 65,38% pada siklus I menjadi 88,46%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa Kelas III SD Al-Furqon 1 Driyorejo Gresik.

Downloads

Published

2025-01-31