PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD AL-FURQON GRESIK
Keywords:
media gambar, hasil belajar, pembelajaran IPAAbstract
Berdasarkan hasil observasi, hasil belajar siswa Kelas IV SD Al Furqon masih rendah. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah penggunaan metode ceramah yang masih dominan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi bagian-bagian tumbuhan melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan 31 siswa. Prosedur penelitian ini mencakup empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes dan lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan meningkat melalui penggunaan media gambar. Hasil tersebut merujuk pada hasil tes siswa. Setelah diterapkan pembelajaran IPA menggunakan media gambar pada Siklus I, hasil tes siswa menunjukkan bahwa rata-rata kelas siswa lebih dari 70, kemudian meningkat pada Siklus II.