PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II SD AL-FURQON

Authors

  • frahmawati98 Author

Keywords:

Media pembelajaran, benda konkret, minat belajar, Matematika, SD

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di Kelas II SD Al-Furqon Driyorejo Gresik, minat belajar Matematika peserta didik masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari peserta didik yang tidak antusias ketika pembelajaran Matematika. Rendahnya minat belajar peserta didik disebabkan oleh kurang menariknya pembelajaran di kelas. Adanya media konkret dapat membuat peserta didik lebih antusias sehingga bisa terampil dan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar Matematika peserta didik Kelas II SD Al-Furqon melalui penerapan media pembelajaran benda konkret. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar angket dan lembar observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil rata-rata angket minat belajar Matematika peserta didik pada Siklus I adalah sebesar 68,3. Setelah refleksi dan dilakukan perbaikan pada Siklus II, rata-rata minat belajar Matematika peserta didik meningkat menjadi 88,5. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran benda konkret dapat meningkatkan minat belajar Matematika peserta didik Kelas II SD Al-Furqon Driyorejo, Gresik.

Downloads

Published

2025-01-31