IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA RAKYAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS III MI MAARIF

Authors

  • Nur Haliza STKIP AL-HIKMAH SURABAYA Author
  • Wulida Arina Najwa STKIP AL-HIKMAH SURABAYA Author
  • Ahmad Rif'an Najih STKIP AL-HIKMAH SURABAYA Author

Keywords:

cerita rakyat

Abstract

Keterampilan membaca penting dimiliki oleh siswa. Namun, keterampilan membaca siswa Kelas III MI Ma’arif Penanggungan Malang masih belum baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa Kelas III di MI Ma’arif Penanggungan Malang melalui pendekatan berbasis cerita rakyat. Keterampilan membaca yang dikembangkan mencakup pemahaman bacaan, kosakata, menganalisis isi teks, dan kelancaran membaca. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam siklus, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas III dan penelitian dilaksanakan selama satu bulan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, daftar pertanyaan wawancara, dan lembar angket respon siswa. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis cerita rakyat dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa secara bertahap, terutama dalam aspek pemahaman bacaan dan pengayaan kosakata. Dengan demikian, pendekatan ini efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan membaca di jenjang pendidikan dasar.

Downloads

Published

2025-01-31