PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II MI MA’ARIF MALANG
Keywords:
Problem Based Learning, hasil belajar, siswa Kelas II SD, MatematikaAbstract
Memperhatikan hasil belajar siswa Kelas II MI Ma’arif Malang pada mata pelajaran Matematika, masih banyak siswa yang tidak fokus, sehingga banyak yang mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Harapannya siswa mampu mencapai hasil belajar sesuai dengan KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas II MI Ma’arif Malang pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan model Kemmis dan Taggart dengan prosedur empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, dan tes sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar kuesioner, dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada Siklus I, rata-rata hasil belajar siswa 53. Pada Siklus II, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 82. Hasil pada Siklus II telah mencapai indikator keberhasilan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas II MI Ma’arif Malang.