PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI NILAI KETANGGUHAN PADA MATERI BILANGAN BULAT
Abstract
Salah satu alternatif model pembelajaran yang cocok untuk mengasah kemampuan siswa dalam memecahkan masalah adalah model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan problem based learning terintegrasi nilai ketangguhan pada materi bilangan bulat dan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan penerapan problem based learning terintegrasi nilai ketangguhan pada materi bilangan bulat. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan desain metodenya adalah convergent design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al Maahira Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar tes yang telah divalidasi oleh tiga validator. Lembar observasi dianalisis untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan problem based learning terintegrasi nilai ketangguhan pada materi bilangan bulat, sedangkan lembar tes dianalisis untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan indikator keberhasilan, yaitu Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), yaitu 80. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai rata-rata observasi adalah 92,3%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan problem based learning terintegrasi nilai ketangguhan pada materi bilangan bulat terlaksana dengan sangat baik. Berdasarkan hasil tes siswa, diperoleh hasil sebanyak 8 dari 16 siswa mendapatkan skor ≥ 80 dan sebanyak 8 siswa lainnya mendapatkan skor < 80 dengan 2 siswa diantaranya mendapatkan skor 75 dan 77. Dari hasil tes tersebut dapat disimpulkan bahwa sebanyak 50% siswa yang memenuhi KKTP dan 50% siswa yang tidak memenuhi KKTP.