PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 2 KEPUHARJO MALANG MELALUI PENGGUNAAN ICE BREAKING

Authors

  • kavahasyishowavina Author
  • Adhy Putri Rilianti STKIP Al Hikmah Surabaya Author
  • Misbachul Huda STKIP Al Hikmah Surabaya Author

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan wali Kelas, kelas III SDN 2 Kepuharjo Malang, minat belajar IPA siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran guru yang belum bervariasi dan sebagian besar hanya memberikan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III SDN 2 Kepuharjo Malang melalui ice breaking.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Penelitian ini dilakukan di  SDN 2 Kepuharjo Malang dengan melibatkan 20 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data berupa angket dan observasi, sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket dan lembar observasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa meningkat setelah diterapkan pembelajaran ice breaking. Hasil tersebut dibuktikan melalui nilai rata-rata siswa 78% , dengan skor diatas 70 adalah sebanyak 19 dari 20 siswa dengan persentase 96%.  Hasil ini sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar IPA siswa kelas III SDN 2 Kepuharjo dapat meningkat melalui penggunaan ice breaking.  

 

Downloads

Published

2025-01-31