PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MATERI MENULIS SLOGAN SISWA KELAS VIII A MTS DARUSSALAM PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2024-2025
Keywords:
Penerapan , Metode berbasis proyek , Menulis sloganAbstract
Pembelajaran menulis slogan merupakan pembelajaran yang berpotensi untuk meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi siswa. Peneliti akan mengacu pada teori belajar, apa yang diajarkan saat pembelajaran berlangsung berdasarkan kompetensi dan kompetensi dasar , strategi, metode, dan ketepatan media yang digunakan. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran materi menulis slogan melalui penggunaan metode berbasis proyek pada siswa kelas VIII A MTs Darussalam Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis slogan dan difokuskan pada perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas guru beserta siswa, wawancara, dokumentasi berupa video rekaman, foto dan Wawancara. Teknik analisis data penelitian ini yaitu: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pengujian keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi metode. Temuan-temuan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru, pelaksanaan pembelajaran yang meliputi aktivitas guru dan siswa, serta penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Pada pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan metode berbasis proyek, diskusi, tanya jawab dan penugasan. Penilaian yang digunakan dalam pembelajaran menulis slogan yakni teknik penugasan dalam bentuk projek.