PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PHYSICS LUDO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR
Keywords:
Model Kooperatif, Hasil Belajar, Physics LudoAbstract
Pendidikan merupakan aspek penting dalam membentuk individu yang berkompeten dan berkontribusi positif terhadap kehidupan pribadi serta lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament yang dibantu oleh media Physics Ludo terhadap hasil belajar peserta didik pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment, khususnya desain one group pretest posttest tanpa kelompok pembanding. Subjek penelitian terdiri dari empat kelas di dua sekolah berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mencapai skor rata-rata 3,38 dalam kategori sangat baik. Hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dengan skor 0,58 pada kelas eksperimen, 0,55 pada kelas replikasi 1, 0,68 pada kelas replikasi 2, dan 0,62 pada kelas replikasi 3, semuanya dalam kategori sedang. Uji konsistensi menggunakan one way ANOVA menghasilkan nilai signifikansi 0,004, menunjukkan ketidak konsistenan rata-rata nilai N-Gain antar kelas. Faktor ketidak konsistenan ini disebabkan oleh perbedaan skor keterlaksanaan pembelajaran, karakteristik peserta didik, serta kondisi waktu pelaksanaan di dua sekolah yang berbeda. Meskipun model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament menunjukkan pengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif, faktor-faktor eksternal tersebut mengindikasikan perlunya penyesuaian lebih lanjut untuk meningkatkan konsistensi hasil belajar. Berdasarkan beberapa kriteria tersebut dapat disimpulkan hasil penelitian dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model Kooperatif tipe teams games tournament berbantuan media physics ludo terhadap hasil belajar kognitif peserta didik.