PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS IV SDN 2 KEPUHARJO
Keywords:
Media Pembelajaran Gambar, Hasil Belajar, IPA, Sekolah Dasar, model pembelajaran, contextual Teaching and learning, Metode berbasis proyekAbstract
Hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa di SDN 2 Kepuharjo khususnya kelas IV masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek di Kelas IV SDN 2 Kepuharjo Malang. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari model Kemmis & Taggart dengan prosedur terdiri dari empat langkah yaitu merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksikan. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Kepuharjo dengan melibatkan 28 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 1 siklus dengan 2 kali pertemuan. Hasil penelitian Siklus I menunjukkan bahwa 62% siswa sudah mencapai KKM sehingga diperlukan perbaikan pada Siklus II. Oleh karena itu, peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dan tes pada pertemuan kedua. Hasil tes pada Siklus II menunjukkan bahwa 84% siswa sudah mencapai nilai KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca siswa kelas IV SDN 2 Kepuharjo dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.