PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V SD Al-Furqon 1 Kota Baru Driyorejo Gresik

Authors

  • Ninis Author

Keywords:

Metode demonstrasi, keterampilan membaca, puisi

Abstract

Hasriati. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Puisi Melalui Metode Demonstrasi Pada. Siswa Kelas V SD Al-Furqon 1 Kota Baru Driyorejo Gresik. Tujuan penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar membaca puisi dengan menggunakan metode demonstrasi pada kelas V SD Al-Furqon 1 Kota Baru Driyorejo Gresik semester I tahun pelajaran 2024-2025 Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2013 dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas satu kali pertemuan.. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan tes yang dilakukan terhadap siswa kelas V SD Al-Furqon 1 Kota Baru Driyorejo Gresik yang berkaitan dengan meningkatkan hasil belajar membaca puisi. Data dalam penelitian ini meliputi : (1) data dari hasil observasi; (2) data hasil tes evaluasi belajar siswa membaca puisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Al-Furqon 1 Kota Baru Driyorejo Gresik dan rekan-rekan guru sebagai mitra peneliti serta seluruh komponen sekolah. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Al-Furqon 1 Kota Baru Driyorejo Gresik. Peningkatan tersebut digambarkan secara klasikal dari 64,29 % pada siklus I meningkat menjadi 85,71 % pada siklus II, ini berarti terjadi peningkatan sebanyak 21,42 %.

Downloads

Published

2025-01-31