PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD AL-FURQON 2
Keywords:
media pembelajaran flashcard, keterampilan membaca permulaan, siswa Kelas I SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SD Al-Furqon 2 Desa Wedoroanom Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan desain model Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas I SD Al-Furqon 2 tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes unjuk kerja. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan, soal tes unjuk kerja, dan lembar penilaian membaca. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Al-Furqon 2. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dapat dilihat dari nilai rata-rata sebelum diberi tindakan sebesar 59,7%, yang termasuk dalam kategori cukup; kemudian meningkat pada siklus I menjadi 71,3%, yang termasuk dalam kategori baik; kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 90,7%, yang termasuk dalam kategori baik sekali.