PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 2 KEPUHARJO MALANG MELALUI TEORI BELAJAR BRUNER
Keywords:
Hasil belajar matematika, Teori belajar bruner, Matematika, Sekolah DasarAbstract
Penelitian di SDN 2 Kepuharjo Malang menunjukkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas II, dengan nilai rata-rata pra-siklus sebesar 66,73, berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan teori belajar Bruner menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam satu siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dengan melibatkan 23 siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, tes hasil belajar, dan observasi, lalu dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pada pertemuan pertama, pembelajaran berfokus pada penyampaian materi, dengan hasil observasi rata-rata 1,35, menunjukkan pembelajaran berjalan cukup baik meskipun terdapat kekurangan, seperti langkah modul yang tidak sepenuhnya dipraktikkan dan kurangnya penguasaan guru terhadap kelas. Tahapan refleksi dilakukan untuk menyusun perbaikan. Pada pertemuan kedua, tes hasil belajar menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata nilai siswa mencapai 90,52, dan hasil observasi meningkat menjadi 1,65. Penerapan teori belajar Bruner terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 2 Kepuharjo Malang, ditandai dengan peningkatan nilai tes dan kualitas pembelajaran.