Penggunaan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDSD
Keywords:
LKPD, hasil belajar, Matematika, Sekolah DasarAbstract
Abstrak
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, hasil belajar Matematika siswa Kelas III SD Islam Kharisma Malang belum semuanya mencapai standar Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan dukungan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Dengan dukungan LKPD, pembelajaran di kelas akan lebih terarah dan terkonsep dengan baik, sehingga setiap siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan aktif dan maksimal karena langkah-langkah pembelajaran sudah jelas tertera di LKPD. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan empat tahapan berupa planning (perencanaan), acting (aksi/tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Penelitian dilakukan di SD Islam Kharisma Malang dengan subjek 6 orang siswa di kelas IIIA yang dilakukan di semester ganjil sampai awal semester genap. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes tulis sedangkan instrumen yang digunakan yaitu lembar tes untuk siswa sebagai instrumen utama dan lembar observasi sebagai instrumen tambahan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh setelah 3 kali pertemuan di kelas. Pada pertemuan pertama (prasiklus), hasil belajar Matematika siswa menunjukkan hanya 1 dari 5 siswa yang memperoleh nilai di atas KKTP (75). Peneliti melakukan perbaikan dari hasil pengamatan dan refleksi saat prasiklus. Sehingga pada akhir siklus I hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes tulis menunjukkan peningkatan yang baik yaitu 4 dari 5 siswa sudah mencapai standar KKTP, dengan rata-rata nilai 84 dan persentase ketuntasan pembelajaran di kelas yaitu 80% melampaui standar yang ditetapkan sekolah yaitu >=60-75%.