PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS III SD AL-FURQON 2 GRESIK
Keywords:
Media Pembelajaran Gambar, Hasil Belajar, IPA, Sekolah DasarAbstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, hasil belajar siswa Kelas III SD Al Furqon Gresik masih rendah karena masih banyak yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Guru juga masih dominan menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan buku pelajaran dalam menyampaikan materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA menggunakan media pembelajaran gambar pada siswa Kelas III SD Al-Furqon 2 Driyorejo Gresik. Nilai siswa harus sesuai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 85. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas III SD Al-Furqon 2 Wedoroanom Driyorejo yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III SD Al-Furqon 2 Driyorejo Gresik. Hal ini dapat dilihat dari setiap siklusnya. Pada Siklus I, siswa yang telah mencapai KKM sebesar 65%. Karena belum memenuhi indikator keberhasilan penelitian, maka dilanjutkan pada Siklus II. Pada Siklus II, terdapat peningkatan yaitu menjadi 82% Dengan demikian, media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.