PENERAPAN MEMBACA DIALOGIS PADA PEMBELAJARAN INTERPRETASI GRAFIK

Authors

  • NURAINI LUTFIA Author

Abstract

Keterampilan membaca dan menginterpretasi grafik penting bagi siswa. Namun penelitian menunjukkan bahwa siswa di Indonesia masih kesulitan dalam membaca dan menginterpretasikan grafik. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran interpretasi grafik adalah membaca dialogis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi membaca dialogis dalam pembelajaran interpretasi grafik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed-method dengan desain konvergen. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes siswa yang telah divalidasi oleh 3 orang validator. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Al-Maahira IIBS Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan pembelajaran sebesar 94,79% dengan kategori sangat baik. Sebanyak 9 dari 15 siswa tuntas karena memperoleh nilai di atas 80. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi membaca dialogis dapat diterapkan pada pembelajaran untuk membantu siswa belajar interpretasi grafik. Membaca dialogis dapat dieksplorasi lebih lanjut untuk menguatkan kemampuan siswa membaca tren dan membuat prediksi berdasarkan data.

Downloads

Published

2025-01-31