IMPLEMENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS DALAM MODEL PROJECT BASED LEARNING MATERI TEKS PROSEDUR KELAS VII
Keywords:
Implementasi HOTS, Model PjBL, Teks prosedurAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam model Project Based Learning (PjBL) pada materi teks prosedur kelas VII MTs Miftahul Ulum Bendung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari observasi 24 siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Bendung. Analisis dokumen dan wawancara digunakan untuk pengumpulan data. Analisis data penelitian menggunakan 4 tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa HOTS dalam model PjBL pada teks prosedur dapat diterapkan dengan baik oleh guru Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Bendung. Metode tersebut diterapkan dengan cara melatih siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menilai pembelajaran yang diberikan melalui pembelajaran individu, diskusi kelompok, dan presentasi, sehingga siswa dapat memahami, mengerjakan, dan menelaah teks prosedur dengan baik. Dampak dari penerapan HOTS dalam model PjBL pada teks prosedur adalah siswa dapat berpikir kritis, kreatif, memecahkan masalah secara sistematis. Keterbatasan waktu pembelajaran di kelas menjadi salah satu hambatan dalam penerapan HOTS dalam model PjBL pada teks prosedur