PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SDN TASIKMADU 1 LOWOKWARU MALANG

Authors

  • yasmindhiasabhira Author
  • Ahmad Rif'an Najih STKIP Al Hikmah Surabaya Author
  • Bambang STKIP Al Hikmah Surabaya Author

Abstract

Pembelajaran kontekstual yang berpusat pada siswa penting untuk meningkatkan hasil belajar. Namun, hasil belajar siswa kelas IV SDN Tasikmadu 1 Lowokwaru Malang masih rendah, dengan 40% siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) akibat dominasi metode pembelajaran konvensional dan minimnya partisipasi siswa. Tujuan dari penelitian ini mengeksplorasi efektivitas penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SDN Tasikmadu 1 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan empat siklus: perencanaan, pengamatan, tindakan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tasikmadu 1 Kecamatan Lowokwaru Malang. Penelitian ini diakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan tindakan dengan menerapkan pembelajaran CTL terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar. Pada siklus I, persentase siswa yang mencapai ketuntasan meningkat menjadi 72,73%, dan pada siklus II, persentase tersebut terus meningkat menjadi 86,36%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Tasikmadu 1 Lowokwaru Malang secara efektif

Downloads

Published

2025-01-31