Penerapan Meaningful Learning Berintegrasi Nilai Islam Pada Materi Bilangan Bulat

Authors

  • Musrifatul Jannah Author
  • Moch Lutfianto Author
  • Kurnia Noviartati Author

Keywords:

Meaningful Learning, Integrasi Nilai Islam, Bilangan Bulat

Abstract

Model pembelajaran bermakna (meaningful learning), seperti yang dijelaskan oleh David Ausubel, dapat meningkatkan keterlibatan siswa dengan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran juga dapat memperkuat kecakapan kognitif, spiritual, dan sosial siswa, serta menghilangkan dikotomi antara ilmu agama dan umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan penerapan meaningful learning, hasil belajar peserta didik, dan mendeskripsikan nilai keislaman yang dirasakan peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Al-Maahira dengan 20 peserta didik berpengetahuan heterogen dan menggunakan jenis penelitian mixed-method. Teknik pengambilan data penelitian ini berupa observasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi, lembar tes, dan lembar angket yang telah divalidasi oleh 3 validator. Pembelajaran ini diobservasi oleh 3 orang pengamat. Hasil penelitian menunjukkan 86% keterlaksanaan pembelajaran. Hasil tes menunjukkan 90% peserta didik tuntas dalam pembelajaran operasi perkalian bilangan bulat. Hasil dari lembar angket peserta didik menunjukkan 80% peserta didik merasakan adanya nilai aqidah yang terdapat ketika pembelajaran, 90% peserta didik merasakan adanya nilai syari’ah yang terdapat ketika pembelajaran, dan 90% dari peserta didik merasakan adanya nilai akhlak yang terdapat ketika pembelajaran.

Downloads

Published

2025-01-31