PENERAPAN MEMBACA DIALOGIS PADA PEMBELAJARAN INTERPRETASI TABEL
Keywords:
Membaca Dialogis, Interpretasi Tabel, Think Pair ShareAbstract
Salah satu keterampilan literasi statistik yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan membaca dan interpretasi tabel. Membaca dialogis adalah strategi yang biasanya digunakan untuk membaca teks. Peneliti tertarik menggunakan strategi ini untuk mengajarkan siswa dalam membaca tabel. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan ketuntasan hasil belajar siswa pada topik membaca tabel menggunakan strategi membaca dialogis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalalah mixed-method dengan desain konvergen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar tes yang telah divalidasi oleh 3 ahli. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP Al-Maahira IIBS Malang sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 76,46% dan terkategori sangat baik. Sebanyak 10 dari 15 siswa tuntas karena memperoleh nilai di atas 80 dengan tingkat ketuntasan sebesar 66,67%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi membaca dialogis dapat diterapkan pada pembelajaran membaca dan interpretasi tabel.