PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PUISI RAKYAT KELAS VII SMP ZAINUDDIN SIDOARJO

Authors

  • Muhammad Muqorrobin STKIP AL HIKMAH SURABAYA Author
  • Rian Surya Putra, M.Pd. STKIP AL HIKMAH SURABAYA Author
  • Ady Dwi Achmad Prasetya, M.Pd. STKIP AL HIKMAH SURABAYA Author

Keywords:

Pembelajaran., Berdiferensiasi, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan usaha menyesuaikan proses pembelajaran dengan memberikan beragam cara melalui diferensiasi konten, proses, produk serta lingkungan belajar dan asesmen awal untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Hasil belajar merupakan modifikasi yang ditimbulkan oleh perilaku belajar siswa yang berdampak pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik serta terbentuknya hasil aktivitas siswa mengikuti pembelajaran di kelas dengan materi tertentu. Dikelas VII pada materi puisi rakyat telah diterapkan pembelajaran secara berdiferensiasi, maka dari itu penelitian ini ingin mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan hasil belajar pada materi puisi rakyat siswa kelas VII SMP Zainuddin. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif berupa observasi tertulis dan perilaku. Penelitian dilakukan di SMP Zainuddin Waru yang berlokasi di Jalan Ijen, Ngeni, Kepuhkiriman, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo dengan guru Bahasa Indonesia sebagai subjek penelitian. Simpulan dari penelitian ini menjabarkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi puisi rakyat kelas VII SMP Zainuddin Waru telah menerapkan ketiga bentuk diferensiasi, yakni konten, proses dan produk. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorikpun berdampak pada hasil pembelajaran siswa lebih cepat dalam memahami pengetahuan dengan pembagian tugas sesuai dengan minat masing-masing karena adanya pembelajaran berdiferensiasi tersebut.

Downloads

Published

2025-04-30