PENERAPAN TEORI BRUNER PADA PEMBELAJARAN MATERI PECAHAN DENGAN INTEGRASI NILAI KARAKTER PEDULI

Authors

  • Hamimah Rahmalia Ashirah Author
  • Mohammad Zahri Author
  • Anisa Fatwa Sari Author

Abstract

Sikap peduli adalah salah satu karakter yang penting dimiliki bagi peserta didik karena menjadi jembatan untuk mengokohkan kompentensi sosial yang dapat diintegrasikan dalam setting pembelajaran Bruner. Hal ini sejalan dengan pembelajaran matematika membutuhkan teori belajar yang menkonkretkan konsep matematika yang abstrak terutama bagi peserta didik SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teori Bruner pada pembelajaran materi  dengan integrasi nilai karakter peduli. Subjek penelitian ini terdiri atas 15 peserta didik kelas VII dengan kemampuan matematika dan sikap peduli heterogen. Teknik pengambilan data penelitian ini adalah obsevasi pembelajaran dan tes. Intrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar tes yang telah divalidasi oleh 3 validator. Hasil penelitian ini  menunjukkan pada tahap ikonik 2 dari 15 peserta didik salah dalam menamai pecahan dari daerah yang diarsir. Lebih lanjut, pada soal mengarsir dan membagi daerah berdasarkan pecahan yang diberikan, beberapa peserta didik kesulitan membagi daerah sama besar tanpa penggaris. Selain itu, pada tahap simbolik lebih dari 60% peserta didik berhasil menyimbolkan dan membandingkan pecahan sederhana. Hasil observasi sikap peduli menunjukkan semua peserta didik melakukan 2 dari 5 sikap empati, 2 dari 9 sikap respek, dan 1 dari 5 tindakan responsif. Indikator sikap peduli lain tetap muncul meskipun tidak pada semua peserta didik. Terdapat pula beberapa aktivitas sikap peduli selain aktivitas di lembar observasi yang muncul pada diri peserta didik. Salah satu aktivitasnyaya adalah meminjamkan alat tulis kepada teman. Dapat disimpulkan bahwa teori Bruner dapat diterapkan pada pembelajaran matematika dengan materi pecahan dengan integrasi nilai krakter peduli.

Downloads

Published

2025-01-31