PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP AL ILLIYIN
Keywords:
Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Audio Visual, Hasil BelajarAbstract
Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang efektif tidak hanya meningkatkan pemahaman materi, tetapi juga memotivasi siswa untuk terlibat aktif dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Al Illiyin. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan total 29 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar materi gerak. Data penelitian di analisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif berbantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Al Illiyin pada materi gerak berdasarkan pada: 1) skor rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,43 berkategori sedang dan 2) hasil uji paired t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, artinya ada peningkatan hasil belajar setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan audio visual terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Al Illiyin pada materi gerak.