IMPLEMENTASI TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA TOPIK BILANGAN

Authors

  • Hamidah STKIP Al Hikmah Surabaya Author
  • Mohammad Zahri STKIP Al Hikmah Surabaya Author
  • Azhar Syarifuddin STKIP Al Hikmah Surabaya Author

Keywords:

Teori Bruner, Keterampilan Komunikasi, Bilangan.

Abstract

Implementasi teori Bruner pada pembelajaran bilangan pecahan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan mengimplementasikan teori Bruner pada topik bilangan pecahan. Kemampuan komunikasi yang dimaksud adalah kemampuan komunikasi matematis tulis. Komunikasi matematis tulis adalah proses berbagi ide dan pemahaman matematika dalam bentuk tulisan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan mixed-method dengan convergent design. Subjek penelitian ini yaitu 15 peserta didik kelas VII SMP Al-Maahira IIBS Malang. Teknik  pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi dan test. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi dan lembar test yang telah divalidasi oleh 3 validator. Lembar test dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu pre-test dan post-test. Pembelajaran  diobservasi oleh 3 orang pengamat untuk mendapatkan data tentang aktivitas guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil pengamatan observasi menunjukkan tahapan pembelajaran terlaksana sebesar 94,59 %. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan sebesar 7,26%. Meskipun demikian tidak ada siswa yang melampaui KTTP. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya ketelitian peserta didik pada materi konsep pecahan. Hasil post-test menunjukkan 4 dari 15 peserta didik berhasil menjawab salah satu dari 3 soal enaktif. Pada tahapan ikonik, 7 dari 15 peserta didik berhasil menjawab salah satu dari 3 soal ikonik. Sedangkan pada tahapan simbolik 2 dari 15 peserta didik berhasil menjawab semua soal tahapan simbolik. Adapun kesulitan yang dialami peserta didik yaitu kurangnya ketelitian dan waktu dalam mengerjakannya. Dapat disimpulkan pengimplementasian teori bruner dapat meningkatkan komunikasi matematis tulis peserta didik.

Downloads

Published

2025-01-31