PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 1 NGIJO
Keywords:
Problem Based Learning, keterampilan berpikir kritis, Pendidikan PancasilaAbstract
Berdasarkan hasil wawancara dan pretest, keterampilan berpikir kritis siswa Kelas IV SDN 1 Ngijo Malang masing rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV di SDN 01 Ngijo. Model PBL dipilih karena memungkinkan siswa untuk belajar melalui pemecahan masalah nyata, yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang melibatkan 15 siswa kelas IV sebagai partisipan dan dilakukan dalam 1 siklus dengan 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, pretest-posttest, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan model PBL. Data kuantitatif dari pretest dan posttest menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa, sementara data kualitatif dari observasi dan angket mengindikasikan peningkatan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran serta pemahaman mereka terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Dengan demikian, penerapan model PBL terbukti dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.