PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI NILAI KEDISIPLINAN PADA MATERI FUNGSI

Authors

  • Ririn Erina Harkat, Kurnia Noviartati, Anisa Fatwa Sari Author

Keywords:

PBL, Kedisiplinan, Fungsi

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, tetapi faktanya kemampuan pemecahan masalah siswa terbilang cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Probelm-Based Learning (PBL) terintegrasi nilai kedisiplinan pada materi fungsi. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed-method (metode kombinasi) dengan convergent design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Instrumen disusun oleh peneliti kemudian divalidasi oleh 3 validator ahli. Berdasarkan hasil observasi, skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar  85% Hal ini menunjukkan bahwa penerapan problem based learning terintegrasi nilai kedisiplinan berjalan dengan sangat baik, meskipun keterlaksanaan pembelajaran berjalan dengan sangat baik, tetapi integrasi nilai kedisipliplinan yang ditanamkan pada saat proses pembelajaran belum terlihat pada diri siswa. Adapun hasil tes siswa menunjukkan bahwa sebanyak 7 siswa dari 11 memenuhi KTTP dengan nilai skor di atas 80. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa presentase siswa yang memenuhi kriteria hasil belajar mencapai  64%.

Downloads

Published

2025-01-31