POTRET TEKS IKLAN SISWA KELAS VIII B MTS SABILUNNAJAH PRAMBON SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kemampuan menulis teks iklan. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kemampuan menulis siswa kelas VIII B MTs Sabilunnajah, dan (2) untuk mendeskripsikan kesulitan siswa kelas VIII B MTs Sabilunnajah dalam kegiatan menulis iklan. Terdapat indikator ketercapaian kemampuan menulis iklan berdasarkan tujuh komponen yang menjadi aspek penilaian yaitu pada aspek nama produk, gambar produk, kalimat iklan, keunggulan produk, harga produk, nomor telepon pengiklan, dan Alamat pengiklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Sabilunnajah yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa Perempuan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa lembar kegiatan menulis iklan siswa. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa aspek yang merupakan keberhasilan siswa dalam menulis iklan yaitu pada aspek motorik, aspek perilaku, aspek presepsi, aspek memori. Aspek dengan nilai tertinggi adalah aspek perilaku dengan skor 65 point. Hal tersebut terjadi karena siswa mampu mengatur waktu belajar dengan efektif, siswa membuat jadwal belajar yang realistis dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap tugas yang diberikan. Adapun point terendah adalah pada aspek memori dengan skor 47 point. Hal tersebut terjadi karena di temukan banyaknya unsur ketidaktelitian pada hasil menulis teks iklan siswa. Ketidaktelitian tersebut meliputi: kesalahan menggunakan tanda baca, kurangnya tanda titik, dan kesalahan dalam penggunaan tanda tanya.