IMPLEMENTASI PENDEKATAN PQRST DALAM MATERI TEKS DESKRIPSI KELAS VII B DI SMP UNGGULAN BAITUL FATTAH SURABAYA
Keywords:
Metode PQRST, Teks DeskripsiAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pendekatan PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) dalam pembelajaran materi teks deskripsi di kelas VII B SMP Unggulan Baitul Fattah Surabaya dan mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam penggunaan metode PQRST dalam membaca teks deskripsi siswa kelas VII B SMP Unggulan Baitul Fattah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah proses aktivitas belajar mengajar teks dekripsi dengan metode PQRST dan nilai hasil belajar siswa dalam membaca teks deskripsi melalui lembar jawaban siswa. Subjek penelitian ini adalah Guru Bahasa Indonesia dan Siswa kelas VII B di SMP Unggulan Baitul Fattah, yang berjumlah 33 siswa, dengan siswa laki-laki berjumlah 13 orang dan siswi perempuan berjumlah 20 orang. Penggunaan teknik pengumpulan data dari penelitian ini yakni observasi dan dokumentasi. Sementara itu teknik analisis datanya mencakup tiga tahapan, yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Triangulasi Metode dicek dengan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mampu membangun pemahaman awal terhadap teks melalui tahap preview. Tahap question mendorong siswa aktif merumuskan pertanyaan yang relevan dengan isi teks. Tahap read dan summarize menjadikan tahap untuk memproses informasi secara mendalam dan menyusun kembali dalam bentuk yang lebih ringkas sesuai pemahaman para siswa. Terdapat variasi setiap individu dalam kemampuan mengingat dan menerapkan pemahaman mereka terhadap teks bacaan dalam tahap test. secara keseluruhan, metode PQRST terbukti efektif dalam membantu siswa memahami teks deskripsi secara komprehensif.