PENGGUNAAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN NGIJO 1 MALANG

Authors

  • salmashafiyah04 Author
  • Adhy Putri Rilianti STKIP Al Hikmah Surabaya Author
  • M. Misbachul Huda STKIP Al Hikmah Surabaya Author

Keywords:

Discovery Learning, Hasil Belajar, IPA, SD

Abstract

Hasil tes pra siklus di Kelas IV SDN Ngijo 1 Malang pada mata  pelajaran IPA Bab Energi dan Perubahannya menunjukkan bahwa 74% siswa sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Namun, hasil tersebut belum sesuai dengan target minimal ketuntasan belajar siswa sebesar 80%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ngijo 1 Malang pada mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi berupa penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain PTK model Kemmis & MC Taggart dengan empat prosedur tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Ngijo 1 Malang dengan 27 siswa Kelas IV C sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan Discovery Learning dalam pembelajaran IPA, terdapat 81% siswa yang telah mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SDN Ngijo 1 Malang.

Downloads

Published

2025-01-31