PENERAPAN TEORI BRUNER DALAM PEMBELAJARAN MATERI PERBANDINGAN DUA PECAHAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

Authors

  • Nasyiatul Vilosofah Author
  • Azhar Syarifuddin STKIP Al Hikmah Surabaya Author
  • Zainal Abidin STKIP Al Hikmah Surabaya Author

Keywords:

Teori Bruner, Pembelajaran Matematika, Perbandingan Dua Pecahan

Abstract

Teori Bruner dapat membantu guru menkonkretkan konsep matematika yang abstrak agar lebih mudah dipelajari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika materi perbandingan dua pecahan dengan menerapkan Teori Bruner. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode mixed-method. Lokasi penelitian di SMP Al Maahira IIBS Malang dengan subjek penelitian sebanyak 20 peserta didik kelas VII. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Tes hanya melibatkan tahapan ikonik dan simbolik dikarenakan tahapan enaktif  dilaksanakan ketika pembelajaran berlangsung.  Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,65% dan termasuk kategori sangat baik. Adapun rata-rata hasil tes peserta didik adalah 93 dan 100% peserta didik tuntas memenuhi indikator KKTP yaitu minimal 80. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kesulitan membandingkan suatu pecahan dengan pecahan lain yang bernilai 1. Meskipun ada kesulitan saat tes, hasil penelitian menunjukan bahwa Teori Bruner dapat diterapkan untuk membantu peserta didik belajar materi perbandingan dua pecahan.

Downloads

Published

2025-01-31