PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI NILAI KEMANDIRIAN PADA MATERI POLA BILANGAN
Keywords:
Problem Based Learning, Kemandirian, Pola BilanganAbstract
Kualitas generasi abad 21 ditentukan dari cara berpikir, cara untuk bekerja, alat untuk bekerja, dan cara untuk hidup. Salah satu aspek dari cara bepikir adalah pemecahan masalah yang dapat diupayakan dengan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai yaitu Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan PBL terintegrasi nilai kemandirian pada materi pola bilangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mixed-methods dengan desain konvergen. Subjek penelitian ini adalah 18 peserta didik kelas VIII SMP Al-Maahira IIBS Malang. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi keterlaksanaan PBL, angket respon peserta didik terhadap kemandirian, dan tes hasil belajar. Hasil observasi menunjukkan bahwa rata-rata penerapan PBL terintegrasi nilai kemandirian terlaksana dengan sangat baik, dengan nilai rata-rata observasi mencapai 100%. Selain itu, hasil angket kemandirian peserta didik dalam memecahkan masalah matematika menunjukan bahwa rata-rata tingkat kemandirian peserta didik dalam semua aspek sebesar 64,13%. Hal ini menunjukkan pembelajaran ini dapat menunjang kemandirian peserta didik. Dalam tes hasil belajar peserta didik, sebanyak 4 dari 18 peserta didik memperoleh skor 100, 13 dari 18 peserta didik memperoleh skor 98, dan 1 dari 18 peserta didik memperoleh skor 95. Hal ini menunjukkan bahwa semua peserta didik memiliki nilai di atas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning terintegrasi nilai kemandirian pada materi pola bilangan efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dan pemahaman konsep pola bilangan.