IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASIDALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS PUISIPADA SISWA KELAS X B MA DARUSSALAM PASURUAN
Keywords:
Metode demonstrasi dan Membaca teks puisiAbstract
Metode demonstrasi memudahkan siswa dalam pembelajaran membaca teks puisi secara baik dan terstruktur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan metode demonstrasi dalam membaca teks puisi. Metode penelitian ini dengan kualitatif- deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model Menurut Miles, Huberman dan Saldana, yakni: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia, siswa kelas X B MA Darussalam Pasuruan, dan Kepala Sekolah sebagai sumber informan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) berdasarkan dari segi perencanaan, guru telah menyusun langkah-langkah pembelajaran secara jelas dan sistematis. (2) Pelaksanaan metode demonstrasi berjalan dengan terstruktur, dimana siswa menunjukkan keberhasilan dalam kemampuan membaca teks puisi, terutama dalam aspek ekspresi/mimik, gestur, lafal, tekanan, jeda, irama, dan intonasi. (3) Evaluasi yang dilakukan menunjukkan adanya pemahaman siswa, serta keterampilan siswa dalam membaca teks puisi setelah penerapan metode ini. Berdasarkan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi terbukti memberikan keberhasilan dalam kualitas pembelajaran membaca puisi di kelas X B MA Darussalam Pasuruan.