PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS: TINJAUAN PADA MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.62426/md8vm427Keywords:
Pemecahan masalah matematis, Calon guru SDAbstract
Termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru SD. Penelitian dilaksanakan di STKIP AL Hikmah Surabaya dengan subyek terdiri dari 1 mahasiswa kemampuan tinggi, 2 mahasiswa kemampuan sedang dan 1 mahasiswa kemampuan rendah. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan wawancara yang kemuidan hasilnya dianalisis berdasarkan tahapan pemecahan masalah Polya. Hasil tes dan wawancara menunjukkan perbedaan kemampuan siswa dalam menjalankan tahapan pemecahan masalah menurut Polya. Siswa berkemampuan tinggi mampu menjalankan hampir semua tahap dengan baik, kecuali evaluasi akhir yang belum dilakukan secara mandiri. Siswa berkemampuan sedang memahami soal secara umum dan dapat menyusun strategi, namun sering melakukan kesalahan prosedur dan masih bergantung pada umpan balik untuk mengevaluasi jawaban. Sementara itu, siswa berkemampuan rendah mengalami kesulitan sejak tahap awal, mulai dari memahami soal hingga menyusun strategi dan melakukan perhitungan.