PEMBELAJARAN BERBASIS SOSIOKULTURAL PADA TEMA LINGKUNGAN BERSIH SEHAT DAN ASRI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.62426/Keywords:
PEMBELAJARAN BERBASIS SOSIOKULTURAL, LINGKUNGAN BERSIH , SEKOLAH DASARAbstract
Kualitas pendidikan di Indonesia perlu ditingkatkan seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu peningkatan ini dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang berkualitas harus berpusat pada siswa sebagai subjek pembelajarannya. Guru sangat berperan untuk mengembangkan potensi, kreativitas, memotivasi siswa dalam membangun kemauan serta memberikan keteladanan. Media pembelajaran yang digunakan seorang guru dapat digunakan sebagai panduan dalam proses pembelajaran sehingga menjadi terarah dengan kompetensi yang akan dicapai. Pembelajaran berbasis sosiokultural menekankan bahwa lingkungan sosial dapat membantu proses pembelajarannya. Masyarakat dan budaya merupakan sumber ilmu dalam penerapan teori ini. Interaksi sosial dari siswa baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat sangat penting guna membangun kerjasama sebagai suatu proses pengembangan diri.. Pembelajaran pada tema lingkungan bersih, sehat, dan asri tidak terlepas dari nilai-nilai sosiokultural dan lingkungannya. Dengan demikian proses pembelajarannya akan mengkonstruksi pengetahuan secara bersama-sama antara semua pihak yang terlibat di dalamnya.Downloads
Published
2024-09-06
Issue
Section
Articles