KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PGSD PADA SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABLE BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

Authors

  • Wulida Arina Najwa STKIP AL-HIKMAH Author

DOI:

https://doi.org/10.62426/

Keywords:

Problem solving, MAHASISWA PGSD, PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABLE, TAKSONOMI SOLO

Abstract

Problem solving is one of the objectives of learning mathematics. Not only for school students but also college student, especially PGSD students. The level of students' ability to solve problems can be seen using SOLO taxonomy. Using the SOLO taxonomy, the quality of students' answers to a problem can be analyzed based on the complexity of understanding. SOLO's taxonomy consists of 5 levels, namely (1) Pre-Structural Level, (2) Uni-Structural Level, (3) Multi-Structural Level, (4) Relational Level, (5) Expanded Abstract Level. This study uses qualitative research that describes the ability to solve the problem solving linear inequality system of two variables in PGSD students using SOLO taxonomy. The results of this study indicate that the ability of PGSD students to solve problem solving problems varies. From the five SOLO taxonomic levels, there are PGSD students who meet levels 2 to 5, namely the Uni-Structural Level, Multi-Structural Level, Relational Level, Expanded Abstract Level. There are no students who meet level 1 in the SOLO taxonomy namely Pre-Structural Level.

Abstrak: Pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Tidak hanya pada siswa  sekolah tetapi juga mahasiswa, khususnya mahasiswa PGSD. Tingkatan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah dapat dilihat menggunakan taksonomi SOLO. Taksonomi SOLO dapat digunakan untuk menganalisis kualitas jawaban siswa terhadap suatu masalah berdasarkan kompleksitas pemahaman. Taksonomi SOLO terdiri dari 5 tingkatan, yaitu (1) Level Pre-Struktural, (2) Level Uni-Struktural, (3) Level Multi-Struktural, (4) Level Relasional, (5) Level Abstrak yang  Diperluas.  Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan soal pemecahan masalah sistem pertidaksamaan linear dua variable pada mahasiswa PGSD menggunakan taksonomi SOLO. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan taksonomi SOLO menunjukkan tingkatan yang berbeda-beda. Dari lima level taksonomi SOLO, ada mahasiswa PGSD yang memenuhi level 2 sampai 5 yaitu Level Uni-Struktural,  Level Multi-Struktural, Level Relasional, Level Abstrak yang  Diperluas. Tidak ada mahasiswa yang memenuhi level 1 pada taksonomi SOLO yaitu Level Pre-Struktural.

Downloads

Published

2024-09-06