KONTROL DIRI DAN KEMATANGAN EMOSI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.62426/Keywords:
Kontrol diri , Kematangan Emosi, SiswaAbstract
Pendidikan pada jenjang SMP mempunyai peranan penting dalam membentuk karakter dan perkembangan emosi siswa. Salah satu aspek yang dapat mempengaruhi kematangan emosi adalah pengendalian diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengendalian diri dengan kematangan emosi siswa kelas VIII SMPN 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 TANGGUL tahun ajaran 2023-2024. Instrumen yang digunakan adalah angket pengendalian diri dan kematangan emosi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif antara kematangan emosi dengan pengendalian diri sebesar 3,272505. Sementara itu, r tabel dengan derajat kebebasan (df 108-2 106) pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai t tabel sebesar 1,65936. yang berarti korelasi dalam penelitian tersebut signifikan