PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK CREATOR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.62426/fs0kdt87Keywords:
Keterampilam Menulis Permulaan, Keterampilan Membaca Permulaan, E-Book Creator , Pengembangan MediaAbstract
Keterampilan membaca dan menulis permulaan merupakan suatu kemampuan awal yang harus dikuasai siswa kelas rendah. Tetapi pada kenyataannya siswa kelas II sekolah dasar masih memiliki keterampilan membaca dan menulis permulaan yang rendah. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang belum menguasai tanda baca, pelafalan yang belum jelas, masih mengulang kata dalam membaca, dan belum memperhatikan kerapian dalam menulis. Sehingga diperlukan media yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut melalui penelitian ini. Penelitian ini mengembangkan media E-Book Creator dengan tujuan meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Berdasarkan hasil validasi ahli menunjukkan presentase 98,07% untuk ahli media, 95,83% untuk ahli materi, 96,87% untuk ahli Bahasa, dan 95% untuk ahli praktisi, sehingga media E-Book Creator dinyatakan sangat valid untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji beda diperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05, artinya terdapat peningkatan keterampilan membaca dan menulis permulaan dengan media ini. Selanjutnya berdasarkan hasil uji N-Gain untuk keterampilan membaca permulaan memperoleh 69,42 dan menulis permualaan memperoleh 72,46 yang termasuk katergori efektif, sehingga penggunaan E-Book Creator efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan siswa.