KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ahmad Rif'an Najih STKIP Al Hikmah Surabaya Author
  • Azhar Syarifuddin Author

DOI:

https://doi.org/10.62426/

Keywords:

Membaca Pemahaman, Calon Guru Sekolah Dasar

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman merupakan kunci keberhasilan dalam pendidikan. Kemampuan membaca pemahaman yang baik dapat membantu siswa memahami secara mendalam isi suatu bacaan sehingga pengetahuan siswa dapat berkembang. Guru sekolah dasar memiliki peran penting dalam mengajarkan siswa dana menanamkan pondasi keterampilan membaca ini pada jenjang awal. Namun sebelum dapat mengejarkan keterampilan membaca, sebagai pribadi, guru juga harus memiliki keterampilan membaca yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman calon guru sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan memberikan tes kemampan membaca pemahaman yang terdiri dari 40 soal obyektif. Butir soal yang disusun mengungkap 3 tingkatan kemampuan membaca yakni faktual, interpretatif dan aplikatif. Data hasil tes dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mambaca pemahaman mahasiswa calon guru SD termasuk dalam kategori baik dengan skor 77,5 (dari 100). Lebih jauh, kemampuan membaca faktual dan interpretatif termasuk dalam kategori baik dengan skor masing-masing 75 dan 73,5. Sedangkan aspek kemampuan membaca aplikatif mahasiswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 88.

Downloads

Published

2024-10-31