PENERAPAN DASA DARMA PRAMUKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA SDN SAWOJAJAR 4
DOI:
https://doi.org/10.62426/9ky2n933Abstract
Krisis moral di kalangan generasi muda, seperti kurangnya rasa kepedulian, etika pergaulan, serta sikap tidak jujur dan tidak disiplin, menunjukkan perlunya pendidikan karakter yang lebih kuat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pendidikan Pramuka, yang bertujuan membentuk karakter siswa melalui penerapan dasa darma sebagai pedoman hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai karakter dalam dasa darma yang diterapkan di SDN Sawojajar 4, Kota Malang, serta dampak penerapan sistem reward dalam meningkatkan motivasi siswa untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dasa darma efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral positif seperti kejujuran, gotong royong, disiplin, dan tanggung jawab pada siswa. Sistem reward terbukti mampu memotivasi siswa untuk berperilaku positif sesuai dengan nilai-nilai dasa darma. Hasil ini mendukung teori belajar sosial yang menyatakan bahwa individu cenderung belajar melalui pengamatan dan peniruan model. Kesimpulannya, penerapan dasa darma melalui kegiatan Pramuka memberikan dampak signifikan pada pembentukan karakter siswa, sehingga membantu mengatasi krisis moral generasi muda dan mempersiapkan mereka sebagai pribadi yang berguna bagi masyarakat dan bangsa.