PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU PADA MATERI IPA

Authors

  • M. Misbachul Huda STKIP Al Hikmah Surabaya Author

DOI:

https://doi.org/10.62426/vsq0gk41

Keywords:

Profil, Berpikir Kritis, Calon Guru

Abstract

Keterampilan berpikir kritis memegang peranan yang fundamental bagi mahasiswa calon guru dalam menghadapi kompleksitas pendidikan abad ke-21. Keterampilan berpikir kritis calon guru membekali mereka dengan kemampuan untuk memilah informasi yang kredibel, mengidentifikasi bias, dan membangun argumen yang logis, sehingga mereka dapat membimbing siswa untuk menjadi pemikir yang mandiri dan reflektif. Oleh sebab itu, penting perlunya untuk memetakan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Keterampilan berpikir kritis diukur dengan bentuk instrumen tes. Keterampilan berpikir kritis mahasiswa diidentifikasi dengan lima indikator yaitu 5 indikator yaitu klarifikasi dasar, interpretasi, eksplanasi, analisis, menyimpulkan. hasil penelitian menunjukkan Keterampilan berpikir krtitis mahasiswa calon guru telah mencapai kategori sangat baik, baik, dan cukup. Kriteria yang paling dominan adalah dalam kategori baik, hal ini memiliki implikasi pentingnya pengembangan keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru dam proses pembelajaran

Downloads

Published

2025-04-30