Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Naskah diketik dengan teks spasi 1,15 spasi; ukuran font 12pt; semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah.
  • Naskah mengikuti aturan gaya selingkung dan bibliografi yang disyaratkan dalam Panduan Penulis.

Panduan Penulis

A. Persyaratan Umum Penulisan

  1. Artikel yang ditulis untuk Jurnal Pi : Pendidikan Matematika dan Integrasinya memuat hasil-hasil penelitian di bidang Pendidikan Matematika. Naskah diketik dengan huruf Times New Roman, font abstrak ukuran 10, isian font ukuran 12, artikel ditulis pada spasi 1,15, dicetak pada kertas A4 maksimal 15 halaman, terakhir pengaturan custom margin (atas 3 cm; kiri 3 cm; bawah 2,5 cm; kanan 2,5 cm). Pengiriman file dilakukan dengan login ke submission (Tata Cara Pengiriman Artikel Secara Online : Download)
  2. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, ditempatkan di bawah judul artikel. Semua nama penulis dilengkapi dengan alamat email atau alamat email penulis yang bertanggung jawab atas artikel tersebut.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris, khusus abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan format esai. Judul artikel dicetak dengan huruf kapital, tegak, tebal di tengah, jumlah huruf 12, tidak lebih dari 15 kata.
  4. Sistematika hasil penelitian adalah: judul artikel, nama penulis, nama instansi, alamat email, abstrak (berisi antara 150 hingga 250 kata yang memuat tujuan, metode, dan hasil penelitian), kata kunci, pendahuluan (berisi latar belakang, sedikit tinjauan literatur, dan tujuan), metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulan dan saran, Daftar Pustaka (hanya memuat referensi yang diacu).
  5. Sumber referensi sedapat mungkin berasal dari 10 tahun terakhir. Referensi yang diutamakan adalah sumber primer berupa artikel penelitian di jurnal ilmiah.
  6. Kutipan dan daftar pustaka menggunakan gaya American Psychological Association (APA) Edisi ke-6. Disarankan menggunakan aplikasi referensi seperti Mendely, Zotero, dll.
  7. Semua teks direview oleh editor ahli sesuai dengan bidang keahliannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah berdasarkan rekomendasi atau saran dari redaksi. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberikan secara online melalui OJS.
  8. Segala sesuatu yang menyangkut perizinan pengutipan atau penggunaan perangkat lunak komputer untuk pembuatan naskah oleh penulis artikel, beserta akibat hukum yang mungkin timbul karenanya, merupakan tanggung jawab penulis artikel.
  9. Artikel yang diterima dipublikasikan dalam bentuk cetak dengan p-ISSN 2598-8913 dan online di Open Journal System (OJS) dengan alamat situs Jurnal Pi : Pendidikan Matematika dan Integrasinya e-ISSN : 2620-8547
  10. Artikel harus ditulis sesuai standar penulisan Jurnal Pi. 
  11. Setelah Anda kirimkan, harap konfirmasi melalui pesan WhatsApp (Pengiriman ID dan nama Anda) ke nomor 0857 9033 8769

B. Struktur Naskah

  1. Judul. Judul harus menggambarkan isi makalah. tanpa Akronim atau singkatan. Maksimal 15 kata.
  2. Abstrak. Abstrak tidak lebih dari 250 kata; tanpa kutipan. Bagian Abstrak harus memuat tujuan penelitian, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan. Harap berikan abstrak dalam versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
  3. Pendahuluan. Bagian ini menjelaskan latar belakang penelitian, state of the art, analisis kesenjangan dan kebaruan, masalah penelitian, solusi dan tujuan penelitian.
  4. Metode Penelitian. Bagian ini menjelaskan tentang desain atau prosedur penelitian, subjek, lokasi, desain eksperimen atau desain yang digunakan, teknik sampel (jika ada), sampel yang digunakan harus spesifik dan jelas jumlahnya, variabel yang ingin diukur, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data .
  5. Hasil dan Pembahasan. Bagian ini menjelaskan hasil penelitian. Itu harus disajikan dengan jelas dan ringkas. Penulis harus mengeksplorasi kebaruan, dampak, atau kontribusi karyanya terhadap literatur pendidikan matematika.
  6. Kesimpulan dan Saran. Kesimpulan harus merupakan jawaban terhadap pertanyaan atau tujuan penelitian dan harus ditulis dalam paragraf. Kesimpulan tidak memuat iterasi hasil dan pembahasan. Saran menyajikan hal-hal yang berkaitan dengan penelitian ini atau apa yang akan dilakukan untuk gagasan lebih lanjut dari penelitian ini.
  7. Referensi. Referensi wajib minimal 20 referensi primer dengan lebih dari 80% (>80%) berasal dari makalah jurnal bereputasi beserta DOI atau URL-nya. Referensi tidak lebih dari 10 tahun terakhir. Referensi wajib menggunakan pengelola referensi seperti mendeley, zotero, dll

 

Unduh Pedoman Pengiriman Online DI SINI
Unduh Pedoman Revisi DI SINI
Unduh Panduan Manajer Referensi Word DI SINI
Unduh Pedoman Mendeley DI SINI
Unduh Template DI SINI
Unduh Standar Penulisan DI SINI

Articles

Section default policy

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.