Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level
DOI:
https://doi.org/10.62426/Keywords:
Hasil Belajar, Himpunan, TaRLAbstract
Siswa merupakan individu yang unik. Mereka memiliki berbagai keberagaman baik minat, gaya belajar, dan juga tingkat kemampuan. Keberagaman tersebut juga terjadi yang disebabkan adanya kebijakan sistem zonasi di sekolah dasar dan menengah oleh pemerintah. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan tingkat pemahaman siswa di Kelas IX-F SMP Negeri 13 Surabaya. Hal tersebut yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan pemahaman pada materi himpunan yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar melalui Pendekatan TaRL dengan menerapkan strategi diferensiasi proses dan konten. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan subjek sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakantes. Hasil yang diperoleh yaitu (1) Ketuntasan belajar klasikal mencapai 83,33% dengan 25 dari 30 siswa tuntas belajar, (2) Nilai rata-rata dari 30 siswa yang mengikuti tes sebesar 82, serta (3) adanya peningkatan rata-rata kelas dari pra siklus ke siklus I sebesar 33%, lalu peningkatan rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 27.33%.