Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Pemerolehan Konsep untuk Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.62426/Keywords:
Pemerolehan konsep, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan aktivitas peserat didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran pemerolehan konsep. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penilaian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan instrumen berupa tes siklus I, II, dan IIl serta lembar observasi aktivitas belajar peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX G SMP Negeri 13 Surabaya yang berjumlah 32 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik menggunakan penerapan model pembelajaran pemerolehan konsep telah mengalami peningkatan dan menunjukkan peningkatan pada aktivitas belajar peserta didik yang dapat dilihat dari hasil observasi pada setiap siklusnya telah mengalami peningkatan.