Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.62426/Keywords:
Motivasi belajar, PBL, MatematikaAbstract
Pembelajaran Matematika dengan mennggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan menggunakan proses inkuiri diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik karena model ini juga menekankan pada pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 13 Surabaya. Latar belakang penelitian ini adalah presentase motivasi belajar peserta didik tergolong dalam kriteria sedang yaitu 52%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-G berjumlah 32 peserta didik. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket motivasi belajar dan observasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan metode skala likert. Hasil siklus I menunjukkan presentase motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 77% tergolong dalam kriteria tinggi. Kemudian, pada siklus II presentase motivasi belajar peserta didik kembali meningkat menjadi 80% tergolong dalam kriteria tingi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran berbabsis masalah dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.