Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Fungsi
DOI:
https://doi.org/10.62426/Keywords:
Pembelajaran berdiferensiasi, Hasil belajar, FungsiAbstract
Pendidikan merupakan elemen fundamental dalam kehidupan manusia yang tidak hanya membekali individu dengan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga membentuk karakter, kepribadian, dan pandangan hidup. Salah satu mata pelajaran yang memainkan peran penting dalam membentuk keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah adalah matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan pemahaman materi Fungsi di antara peserta didik, khususnya dalam membedakan antara relasi dan fungsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan 30 peserta didik yang dibagi dalam kelompok berdasarkan tingkat pemahaman mereka. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest, dan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar: rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 52,34 pada pra-siklus menjadi 73,67 pada siklus I dan 86 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 30% pada pra-siklus, 63% pada siklus I, hingga 86,67% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi Fungsi. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memenuhi kebutuhan belajar individu peserta didik.