Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament
DOI:
https://doi.org/10.62426/Keywords:
Minat belajar, Pembelajaran kooperatif, TGTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas XI pada Materi Matematika Tingkat Lanjut SMAN 6 Surabaya. Matematika sendiri merupakan pembelajaran yang menjadi hal yang menakutkan bagi peserta didik. Oleh karena itu pendidik harus bisa selalu meningkatkan minat belajar oeserta didik agar dapat memperoleh hasil belajar yang memenuhi KKM. Peserta didik yang selalu merasa bosan dan monoton dalam pembelajaran yang dilakukan akan menyebabkan penurunan minat belajar dan berpengaruh pada hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam minat belajar peserta didik setelah dilakukannya model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Pada angket minat belajar siklus 1 meningkat menjadi 87% dan pada siklus 2 menjadi 90%. Pada hasil belajar siklus 1 meningkat menjadi 89,70% dan pada siklus 2 menjadi 96,67%. Hal ini membuktikan bahwa minat belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada kelas XI SMAN 6 Surabaya.