Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan TPACK Pada Materi Trigonometri Di Kelas XI-3 SMAN 6 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.62426/Keywords:
TPACK, Hasil belajar, TrigonometriAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di kelas XI-3 SMA Negeri 6 Surabaya pada materi trigonometri. Peserta didik merasa bosan dan kurang bersemangat dalam mempelajari materi tersebut, serta kebutuhan belajar mereka belum sepenuhnya terpenuhi. Hal ini berdampak negatif pada hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui hasil posttest peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TPACK dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Pada tahap pra siklus, ketuntasan belajar peserta didik hanya mencapai 33%. Setelah implementasi pendekatan TPACK pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 64%. Pada siklus II, terjadi peningkatan lebih lanjut dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 91%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pendekatan TPACK efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI-3 SMA Negeri 6 Surabaya pada mata pelajaran Matematika Tingkat Lanjut, khususnya pada materi trigonometri. Pendekatan TPACK terbukti mampu meningkatkan motivasi dn hasil belajar peserta didik, sehingga kebutuhan belajar mereka dapat terpenuhi dengan baik.