Pengembangan Vlog Pembelajaran Matematika Dengan Konteks Zakat Mal Pada Materi Bentuk Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.62426/pi.v2i2.68Keywords:
Vlog pembelajaran, Bentuk Aljabar, Zakat MalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan video vlog pembelajaran matematika dengan konteks zakat mal pada materi bentuk aljabar, serta menghasilkan media vlog pembelajaran yang dapat memiliki daya tarik terhadap penggunaan media dan memiliki efek potensial terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah design research tipe development study yang terdiri dari 2 tahapan yaitu tahap prelimenary dan tahap prototyping menggunakan alur formatif evaluation (self evaluation, expert review, one-to-one, small group dan field test). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan hasil jawaban siswa. Subjek penelitian yakni siswa kelas VII.6 SMP Negeri 1 Lempuing Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah layak digunakan dan keterkaitan antar materi dengan konteks sudah sesuai berdasarkan hasil validasi ahli dan mempunyai daya tarik peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran serta media pembelajaran mempunyai efek potensial terhadap minat belajar siswa berdasarkan uji N-gain angket pretest-posttest yang mendapatkan skor 0,649 dan termasuk dalam kategori sedang.