Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Authors

  • Bagus Wahyu Purnomo Author
  • Anik Kirana Author
  • Sri Suratni SMAN 6 Surabaya Author

DOI:

https://doi.org/10.62426/pi.v2i2.69

Keywords:

Motivasi belajar, Hasil Belajar, STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 6 Surabaya. Latar belakang penelitian ini adalah persentase motivasi belajar peserta didik tergolong dalam kriteria sedang (59%) dan rata-rata persentase hasil belajar sebesar 85%, serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 69%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-4 berjumlah 36. Data dalam penelitian diperoleh melalui angket motivasi belajar, tes dan observasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan metode skala likert. Hasil siklus 1 menunjukkan persentase motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 70% tergolong dalam kriteria tinggi dan rata-rata persentase hasil belajar menjadi 92%, serta persentase ketuntasan klasikal menjadi 86%. Kemudian, pada siklus 2 persentase motivasi belajar kembali meningkat menjadi 75% tergolong dalam kriteria tinggi dan rata-rata persentase hasil belajar menjadi 97%, serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achiement Division) efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kelas XI di SMAN 6 Surabaya.

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Articles